Harta Keluarga Cendana: Dari Jawa Hingga Mancanegara

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ribut-ribut soal harta Soeharto yang akan dikembalikan kepada pemerintah menimbulkan sebuah pertanyaan penting, berapa sesungguhnya harta milik Soeharto? Atau lebih tajam lagi, berapa harta mantan presiden Indonesia itu yang diperoleh dari hasil KKN?

Seperti diketahui, pekan ini, dalam perjalanannya keluar negeri, Presiden Abdurrahman Wahid melontarkan pernyataan menarik. Pemerintah dan keluarga Cendana tengah melakukan pembicaraan soal pengembalian harta milik Soeharto kepada pemerintah. Masyarakat pun sibuk bergunjing. Pertama, soal status hukum mantan penguasa Orde Baru itu jika mengembalikan hartanya, yang dituduh sebagai hasil KKN. Dan kedua, seperti disebut di atas, soal jumlah harta Cendana itu sendiri.

Banyak versi tentang berapa jumlah kekayaan Keluarga Cendana. Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) pernah menaksir Rp 200 triliun, sedangkan majalah Forbes memperkirakan sebesar US$ 4 miliar. Kekayaan pribadi Soeharto? Mantan RI-1 itu pernah menyatakan tidak punya uang satu sen pun di luar negeri. Sumber di Gedung Bundar Kejaksaan Agung—yang khusus menyelidiki, meneliti, dan mengklarifikasi—mengatakan, Soeharto memiliki uang sebanyak Rp 23 miliar di sejumlah rekening BCA dan bank pemerintah.

Cuma itulah, agaknya, yang sejauh ini bisa ditelisik aparat kejaksaan. Di luar negeri? Tangan kejaksaan di sejumlah kedutaan gagal menemukan harta atas nama Soeharto. Tapi koran The Independent, terbitan London, Inggris, 16 Maret tahun lalu, menghentak dengan kabar eksklusif bahwa Keluarga Cendana menjual properti di London senilai 11 juta poundsterling. Jaksa Agung waktu itu, Andi M. Ghalib, tak bisa menjelaskan soal itu dengan meyakinkan. “Akan kami cek lewat Departemen Luar Negeri, nanti,” katanya enteng.

Data lain yang pernah membuat “geger” adalah temuan George Junus Aditjondro, pakar sosiologi korupsi yang kini mengajar di Universitas New South Wales, Australia. Sejak 1997, George menelusuri data kepemilikan properti putra-putri dan kerabat mantan presiden Soeharto. Sumbernya mulai dari lembaga swadaya masyarakat, pejabat pemerintah berbagai negara, sampai wartawan beragam media dalam dan luar negeri.

Sebenarnya tak cuma itu hasil galian George. Ada setumpuk data rinci tentang kerajaan bisnis Soeharto beserta kroni-kroninya di seantero jagat. Disertakan pula penjelasan ihwal bagaimana trik-trik bisnis yang mereka lakukan. Investigasi tersebut masih disimpan sampai pengusutannya betul-betul sahih dan akurat. “Saya tak ingin terjebak gugatan. Sekarang Probosutedjo, nanti Tutut, Titiek, Sigit, ha-ha-ha…,” kata George. Nah, karena tak ingin terjebak, George hanya mengangkat data yang, menurut dia, bisa dipertanggungjawabkan.

Berikut ini sejumlah tabel yang menggambarkan sebaran properti milik Keluarga Cendana, dari Jawa hingga mancanegara.

Tabel 1. Tanah Keluarga Cendana (Versi TEMPO)

Lokasi

Luas

Sumatra Utara

346 ha

Sumatra Barat

38.280 ha

Riau

180.000 ha

Jambi

147 ha

Kalimantan Selatan

350.000 ha

Kalimantan Timur

2.443.338 ha

Sulawesi Utara

25 ha

Jawa Barat

35.098,8 ha

DKI Jakarta

281,1 ha

Jawa Tengah

21,8 ha

Yogyakarta

150 ha

Jawa Timur

690 ha

Bali

210,7 ha

Nusa Tenggara Barat

1.745 ha

Timor Timur

564.867 ha

Total

 

Tabel 2. Tanah Keluarga Soeharto (Versi Kejaksaan Agung)

Lokasi

Luas

DKI Jakarta

101.904 m2

Yogyakarta

30.515 m2

Kalimantan Timur (HPH)

265.982 ha

Total luas tanah

279.223 ha

Tabel 3. Sebaran Harta Cendana

(Versi George Yunus Aditjondro)

Eropa

Probosutedjo

Norfolk House, Putney Hill, London. Bangunan bertingkat empat ini punya sembilan kamar tidur, garasi ganda, serta pekarangan berumput sepanjang 50 meter di belakangnya.

Dibeli pada 1973 seharga 93 ribu poundsterling, dan sejak Januari lalu sudah ditawarkan lewat agen realestat Foxtons seharga 1,4 juta poundsterling (Rp 21 miliar).

Siti Hardiyanti Rukmana

Beberapa apartemen di 16 Hyde Park Square, Mayfair, London. Dibeli sekitar tahun 1988 seharga 350 ribu pound melalui Citibank, London. Sesudah krisis moneter, direnovasi dengan biaya 110 ribu pound, yang rekeningnya dikirim ke KBRI, yang menolak untuk membayarnya.

Sigit Harjojudanto

Rumah mewah berlantai tiga dengan lima kamar tidur di Winnington Road No. 8, East Finchley/Hampstead, London.

Di Swiss, Sigit punya rumah di perbukitan sekitar Danau Jenewa, yang dibeli untuk Seto Harjojudanto, anak keduanya, yang menderita penyakit polio.

Sejak Januari lalu ditawarkan lewat agen properti John Wood & Co. seharga 1,95 juta pound (Rp 29 miliar), ditambah ongkos renovasi.

Elsje Ratnawati Harjojudanto

Rumah mewah berlantai tiga dengan sembilan kamar tidur di Winington Road No. 89, East Finchley/Hampstead, London.

Sejak Januari lalu ditawarkan lewat agen properti John Wood & Co. Harga penawaran pertama adalah 9,5 juta pound, yang belakangan ini diturunkan menjadi 8 juta pound.

Siti Hediyati Prabowo

Sejumlah apartemen di Upper Grosvenor Road No. 38, Mayfair, London.

Hutomo Mandala Putra

Rumah besar, lengkap dengan padang golf 18 lubang, di dekat Pacuan Kuda Ascot, London Utara. Rumah peristirahatan di Brighton, kota pantai disebelah selatan London.

Pantai Barat Amerika Serikat

Sudwikatmono

Di Hawaii

Kondominium dengan dua kamar, di gedung bertingkat Plaza Landmark No. 290, Likini Street, Honolulu, Hawaii.

Dibeli Mei 1985 seharga US$ 216,4 ribu. Pada 1997, kondominium ini—di kantor pajak jelas-jelas tercatat atas nama Sudwikatmono—ditaksir bernilai US$ 253 ribu.

Di California

Rumah di North Hillcrest Drive No. 605, Beverly Hills.

Rumah ini tercatat sebagai milik C. Elliot Fitzgerald, tapi warga Indonesia mengetahui ini milik Sudwi sejak 1980-an. Tiga orang anak Sudwi–Martina, Miana, dan Agus Lasmono–tinggal di rumah ini semasa studi mereka.

Rumah di North Hillcrest Drive No. 701, Beverly Hills.

Dibeli pada 1994 oleh New Hillcrest Inc. seharga hampir US$ 5 juta. Masih sering dihuni anggota keluarga Sudwikatmono, terutama si bungsu Agus Lasmono, yang jip Lamborghininya sering terparkir di sini.

Bambang Trihatmodjo

Kondominium di Beverly Hills 27, California (interiornya pernah dimuat di majalah Tiara). Bersama teman-temannya, Bambang Tri berbisnis jual beli apartemen mewah di Beverly Hills.

Hutomo Mandala Putra

Dikabarkan memiliki salah satu kondominium mewah di kompleks Beverly Park, Beverly Hills.

 

Pantai Timur Amerika Serikat

Dandy Rukmana dan Danty Rukmana (anak-anak Tutut)

Tiga rumah di luar Kota Boston, di Negara Bagian Massachusetts:

  1. Hubbard Road No. 60, Weston, daerah elite 20 mil dari Boston. Oktober lalu, rumah ini ditaksir bernilai US$ 2 juta.
  2. Bishops Forest Drive 337, Waltham, lima mil dari pusat Kota Boston.
  3. Bishops Forest Drive 337, Waltham, Middlesex County.

Kondominium (nomor 2) dibeli Dandy Rukmana pada 1992 seharga US$ 237 ribu. Rumah (nomor 3) sudah dijual pada 1995 seharga US$ 255 ribu. Dandy dan Danty tetap menggunakan alamat ini untuk surat-surat pemilikan mobil-mobil mewah, yang tidak sedikit.

 

Kawasan Laut Karibia

Hutomo Mandala Putra

Di Cayman Islands, British West Indies, Tommy memiliki perusahaan Mabua International Ltd., salah satu pusat pencucian uang.

Keluarga Soeharto juga punya rumah peristirahatan di kawasan ini.

Selandia Baru

Hutomo Mandala Putra

Kawasan wisata berburu Lilybank Lodge seluas 2.500 hektare di pegunungan di Pulau Selatan. Diperoleh Tommy dan partner bisnisnya dari Singapura, Alan Poh, 1992, dengan biaya sewa pakai 2 juta dolar NZ. Ongkos renovasi 4 juta dolar NZ. Akhir tahun lalu, Lilybank Lodge ditawarkan ke pasar 10 juta dolar NZ karena pengunjung merosot terus akibat publikasi negatif yang dikaitkan dengan crony capitalism Soeharto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: